Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

A.            Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

a.      Alasan Jepang diterima di Indonesia

       Negara Jepang mulai menguasai wilayah Indonesia setelah Belanda menyerah di  Kalijati, Subang, Jawa  Barat  pada  tanggal  8  Maret  1942.  Kedatangan Jepang semula disangka baik oleh bangsa Indonesia. Banyak semboyan dikumandangkan oleh Jepang seperti ”Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia” untuk menarik simpati bangsa Indonesia. Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa Jepang tidak berbeda dengan Belanda, yaitu meneruskan penjajahan pada bangsa Indonesia.

b.      Penderitaan Rakyat Indonesia oleh Jepang

       Penderitaan rakyat Indonesia akibat pelaksanaan kebijakan tentara Jepang terhadap bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut:

a)      Pelaksanaan kerja paksa. Hal ini menyebabkan banyak laki-laki Indonesia dikirim hingga ke Burma (Myanmar) untuk melakukan pekerjaan pembangunan dan pekerjaan berat lainnya dalam kondisi yang buruk. Ribuan orang Indonesia meninggal dan hilang pada saat kejadian itu berlangsung.

b)      Pengambilan paksa. Saat itu, tentara Jepang mengambil hak milik rakyat berupa makanan, pakaian dan berbagai keperluan hidup lainnya secara paksa dari keluarga- keluarga di Indonesia, tanpa memberikan ganti rugi.

c)      Perbudakan paksa. Perempuan-perempuan Indonesia banyak dipekerja- kan secara paksa oleh tentara Jepang. Selain itu, banyak menahan dan memperlakukan warga sipil dikampung-kampung tahanan dalam kondisi sangat buruk (Ruswandi Hermawan dan Sukanda Permana, 2009 :61 dengan pengubahan).

c.       Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan MenetapkanPancasila sebagai Dasar Negara

Semangat kebangsaan disebut juga sebagai nasionalisme dan patriotisme.

-           Nasionalisme dalam arti luas adalah suatu  paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state.

-          Nasionalisme dalam arti sempit adalah suatu paham atau kebangsaan dan cinta yang tinggi terhadap bangsanya dan berlebihan sehingga memandang rendah bangsa lain. Istilah ini sering disebut dengan chauvinisme.

-          Patriotisme berasal dari kata patria, yang artinya tanah air. Patriotisme berarti semangat cinta tanah air atau sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsanya

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini